Salam Dari Pengguna Tua Blogspot




Halo, oke, kita lakukan perkenalan ulang saja, bagaimana?
Nama saya Nadiyah Munisah Hamelia, biasa dipanggil Ecak. Saya adalah pengguna blog lama. Melakukan praktik di dunia perblogan kira-kira sejak tahun 2011 awal. Kala itu, saya kelas satu SMP. Penasaran dengan segala hal adalah hal wajar. Saya yang memang orangnya gampang penasaran, melakukan utak-atik singkat ala-ala demi tampilan blog yang manis. Saya pengguna lama.
Tahun itu, blog masih memiliki tampilan klasik. Belum modern seperti sekarang. Ingin edit background, harus pintar javasctipt, walaupun hanya tinggal copy-paste link saja. Setidaknya saya merasa mendapatkan ilmu baru yang sangat berharga.



Berangkat dari ilmu cetek-cetekan, saya membuatkan teman-teman saya blog, dan membuat mereka setidaknya menulis. Meskipun hanya satu atau dua postingan. Bisa dibilang saya pernah menjadi influencer haha. Pelajaran mengenai blog, seingat saya ada di kelas 7 akhir. Disana, tugas sekolah serba posting kedalam blog. Blog saya sudah memiliki banyak pengikut, untuk hitungan tahun 2011an. Dan menjadi blog yang paling banyak dilihat disekolah. See? Ketika itu saya belum kenal depresi, anxiety, stres berlebih, saingan, atau apapun itu. Saya murni menekuni blog, karena saya suka dan penasaran. Aih, sederhana sekali pikiran ini.

Mulai masuk asrama, saya mulai meninggalkan blog saya. Padahal, dulu, saya nulis sesuatu yang tidak penting-pun, berani saya publikasikan.

Seiring dengan berkembang dan tumbuhnya idealisme kaku di pikiran saya, saya mulai menjadi serba takut. Takut malu dan tidak mendapat apresiasi publik. Saya mulai lupa dengan prinsip masa lugu saya, dulu. Saya mulai mengikuti arus racun dunia. Saya mulai overcorrecting, dan ingin terlihat sempurna. Punya karya tidak saya publikasikan, karena merasa ada yang lebih bagus, sehingga saya minder. Punya ide, saya pendam denga alasan pembenaran tidak ada bahan, padahal aslinya pesimis. Pokoknya, saya mulai meninggalkan jasad dan ruh sehat saya di antah berantah.

Hingga akhirnya hari ini. Ketika mungkin blog sudah mulai ditinggalkan, atau malah mulai digandrungi ulang. Saya baru mulai menulis kembali. Terlambat? Sangat tidak. Nanti perbaikan dapat dilakukan seiring saya menulis, ya kan? Tidak ada yang baca? Ah tak apa-apa. Toh saya menulis juga sebagai self-healing, karena saya bosan melihat orang lain produktif dan memanfaatkan waktu, sementara saya tidak.

Saya masih punya banyak bahan tulisan lain. Masih membuncah semangat di dada rasanya. Terhitung 10 tahun sejak blog ini ada. Hai kalian yang baca, ayo sama-sama semangat. Jangan mau kalah sama pikiran berlebih yang sangat tidak membantu.

Salam, pengguna tua blogger.
Ecak

Komentar

  1. Semangat ecaak, kamu jadi bikin aku sadar juga tentang perubahan yg terjadi dari masa 'lugu' kita yang dulu ke masa kita yang sekarang :') aku dulu bahkan juga seperti kamu yang rajin menulis di blog bahkan sampe curhat, hahahah, yg kala itu aku nge blog terinspirasi dari penulis dn komedian bang raditya dika.. Skrng udah ga pernah nulis lagi, tapi ketika baca tulisan kamu ini, saya sadar kalau kita ga bisa terus2an insecure :) kita juga berhak menulis apa yang kita suka, melakukan apa yg kita suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai halo, siapapun kamu. Makasih sudah mau berbagi semngat ya :)
      Terus berkarya, jangan capek. Sama-sama saling pokonya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

kisah sebatang bunga Dandelion